Cara Memperbaiki Stik PS 2 Yang Mati ( Kabel Stik Rusak / Putus )

Tags

Sering saya lihat,ada kesalahan yang sering di lakukan oleh mereka yang punya stik ps 2,khususnya stik ps 2 yang menggunakan kabel.Biasanya pemilik stik ps 2 atau anak 2 yang memakai stik ps 2,suka melilitkan kabel stik supaya rapi,biasanya kabel akan di gulung dan di lilitkan pada stik,dan hal ini lah yang akan membuat serat serat kebel stik ps 2 yang tipis akan putus.


Dan kalau serat serat di dalam kabel stik sudah putus maka lampu analog pada stik ps 2 tidak akan menyala,dan stik ps 2 sudah tidak bisa di gunakan lagi.Adapula kondisi di mana serat kabel hampir putus,maka biasanya yang terjadi saat kita bermain game,maka gamenya akan seperti menekan tombol start sendiri.Nah,jika kalian pas main bola gitu dan tiba tiba sering start sendiri itu bisa terindikasi bahwa kabel stik kalian sudah aus/hampir putus.

Tip cara memperbaiki / servis stik controller ps 2 yang rusak

Tapi tidak perlu khawatir,sebenarnya memperbaiki kabel stik ps 2 itu sangat gampang.Sebelumnya kalian harus punya beberapa alat alat buat servis stik ps kalian seperti :


  1. Solder
  2. Tenol
  3. Penyedot timah/timah extraktor
  4. Multi Tester
  5. Obeng multi/ obeng plus yang kecil
  6. Gunting
  7. Pulpen dan kertas
Sudah siap?.Ada sedikit tips buat kalian jika baru pertama membongkar stik ps 2,ketika kalian membuka stik ps 2,ingat letak posisi komponen semula,atau kalau bisa kalian rekam video dulu,supaya nanti tidak kerepotan saat mengembalikan stik yang sudah kalian perbaiki.Oke langsung saja berikut adalah step cara memperbaiki kabel stik yang rusak / putus.

1. Buka dulu semua baut yang menempel pada chasing stik ps kalian,biasanya ada 6 buah baut,ada juga yang 5 baut,buka kasingnya perlahan lahan biar posisi komponen tidak kocar kacir.


2. Setelah kalian membuka chasing stik ps 2 kalian,biasanya kalian akan langsung bisa melihat posisi solderan kabel stik ps 2 yang berjumlah 8 titik solderan.




3. Sebelum kalian mulai ritual solder menyolder,hendaknya kalian catat dulu posisi warna kabel yang terpatri pada papan board stik ps 2 kalian.Biasanya 8 bungkus kabel stik memiliki warna sebagai berikut:

  • abu-abu/putih
  • merah
  • hitam
  • oranye
  • kuning
  • coklat
  • biru
  • hijau

Posisi warna kabel tiap stik biasanya berbeda beda,tergantung pabrik pembuat stiknya,maka dari itu kalian harus mencatat dulu posisi kabel stik sesuai urutan aslinya sebelum kalian perbaiki.Misalnya letak kabel hijau,harus di ganti pula dengan kabel hijau dan seterusnya.

4. Setelah kalian catat posisi warna urutan kabelnya,kalian bisa potong kabelnya kira-kira 10-15 cm dari pangkal chasing stik (pengalaman saya yang sering putus ya bagian itu,jika kabel terasa sudah pendek,kalian bisa beli kabel stik ps 2 di toko toko sparepart ps 2 di daerah kalian,harga kisaran 5rb-15rb).Kupas kabel luar kira-kira 5-10cm ,hingga sekarang terlihat 8 bagian bungkus kabel warna warni seperti yang saya tulis di atas,dan kupas lagi tiap tiap ujung 8 kabel stik yang berwarna tadi hingga tampak serat serabut kabel saja cukup 0,5-1 cm saja.




5. Setelah kabel sudah di kupas dan serat kabel di tiap warna sudah terlihat,maka untuk memastikan kabelnya masih bagus atau tidak kita perlu test menggunakan multi tester.Pasti sudah tahulah cara menggunakan multi tester,jangan lupa setting multi tester dengan settingan yang terkecil ya.


6. Jika semua kabel sudah di test dan masih bagus,kini kalian tinggal cabut dan ambil kabel kabel stik yang menempel pada board pcb ps 2.Bersihkan tiap tiap titik lobang solderan kabel tadi menggunakan extraktor timah.Oh iya,biasanya timah/tenol bawaan stik ps 2 nya susah untuk di lelehkan,jika tenolnya susah mencair,kalian bisa cairkan dulu tenol yang kalian beli di atas tenol yang susah meleleh tadi.Jika timah pada board sudah meleleh,maka tinggal kalian sedot bersih pakai extraktor tadi.

7. Setelah titik lobang kabel kabelnya sudah bersih,kalian bisa lelehkan sedikit timah pada titik lubang kabel stik kalian.Sekarang kabel stiknya siap untuk kalian solder dan pasang.Supaya serabut tiap kabel bisa mudah langsung menempel pada timah solderan,ada sedikit triknya,kalian panaskan tenol tepat di kabel kabel yang hendak kalian solder tadi,sampai serat kabel tertutup atau terlapisi sedikit timah.

8. Tinggal solder satu-satu kabelnya sesuai urutan warnanya.

Setelah semua kabel sudah tersolder rapi,jangan kalian pasang dulu chasingnya,kenapa?,karena,jika kabel yang kalian pasang tidak menempel sempurna maka kalian akan semakin repot bongkar pasang kasingnya lagi.Coba kalian test dulu dan colokkan ke konsol ps 2 kalian,jika lampu analog sudah nyala berarti SELAMAT,stik kalian sudah bisa kalian pakai lagi.eit s,tapi waktu mencoba test stiknya jangan di pegang komponennya ya,bisa bisa kalian tersengat listrik,walaupun sengatan listriknya kecil kadang bisa bikin kalian kaget lho.hehehe...Setelah semua beres,tinggal pasang kasingnya

Oke,itulah caranya memperbaiki stik controler ps 2,bisa juga cara di atas kalian gunakan untuk servis joystik pc atau xbox,bisa juga pada mouse komputer kalian.Biasanya stik pc dan xbox hanya terdiri dari 4 kabel saja.Intinya kalian bisa servis sendiri stik ps 2 kalian,dan yang terpenting adalah letak posisi warna kabel jangan sampai terbalik.Sampai jumpa di next artikel minna-san and arrigatou gozaimasu.

1 komentar so far

Bagaimana jika jalur analognya suka muter" sendiri ketika baru jdi ngerakit ....
Mohon penjelasan'a


EmoticonEmoticon